cover
Contact Name
Lativa Qurrotaini
Contact Email
qurrota29@umj.ac.id
Phone
+6285646497123
Journal Mail Official
holostika@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikann UMJ Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
ISSN : 25796151     EISSN : 26148242     DOI : https://doi.org/10.24853
Core Subject : Education,
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020)" : 9 Documents clear
PEMBELAJARAN DARING MELALUI GOOGLE CLASSROOM MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MAHASISWA PGMI IAI BAKTI NEGARA TEGAL DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 Asrivi, Queen Elvina Sevtivia
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran online, faktor pendukung dan penghambat mata kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Google Classroom mahasiswa PGMI IAI Bakti Negara Tegal saat pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, analisis dan interpretasi data. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara melalui Google Formulir yang diintegrasi dalam Google Classroom. Hasil penelitian menunjukkan 84% sangat setuju bahwa pembelajaran online dengan menggunakan Google Classroom mampu meningkatkan pemahaman dan meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab mahasiswa. Keterampilan mahasiswa dalam menangani masalah teknis dan non teknis dapat diselesaikan secara mandiri. Faktor pendukung antara lain mahasiswa yang tergolong generasi milenial yang biasa menggunakan akun Google dan adanya kontrak kuliah. Faktor penghambatnya adalah kendala laptop, jaringan sinyal dan mengajar di MI.Kata kunci: Google Classroom, Online learning, Pandemic Covid-19
FUNGSI MANAJEMEN SDM PADA KEPALA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR Mardiah, Ainun
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai Manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condong Catur, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriftif, serta data dan berbagai informasi yang didapatkaan melalui observasi dan wawancara. Adapun subjek penelitiannya adalah kepala Sekolah, yaitu bapak Tri Suhardi. Penelitian ini berfokus dan membahas pertanyaan yang mendasar yaitu, apakah kepala sekolah sudah menjalakan proses fungsi manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condongcatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala Sekolah SD Muhammadiyah sudah menjalankan fungsi manajemen SDM dengan baik seperti, perencanaan program pengembangan SDM dilaksanakan di awal tahun ajaran baru dengan mengadakan workshop. Pengorganisasian di dalam program pengembangan SDM dilaksanakan dengan membuat kepanitian dan pembagian tugas, serta bertanggung jawab terhadap berjalannya program. Begitu pula dengan pelaksanaan program pengembangan SDM telah berjalan sesuai dengan yang di rencaakan.Kata kunci:Fungsi, Manajemen, SDM
PERAN SEKOLAH BINGKAI JALANAN DALAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN PADA ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DASAR DI STASIUN PASAR SENEN JAKARTA PUSAT Imawati, Sri; Nasution, Anggina Rolian
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh belum meratanya pendidikan di Indonesia khususnya bagi anak jalanan yang berekonomi lemah yang bertempat pada Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat masih terdapat buta aksara kemudian Sekolah Bingkai Jalanan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menanggulangi buta aksara anak jalanan, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana proses pembelajaran di Sekolah Bingkai Jalanan serta Peran Sekolah Bingkai Jalanan dalam pendidikan keaksaraan anak jalanan usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran Sekolah Bingkai Jalanan sangat berpengaruh besar dalam pemberantasan buta aksara anak jalanan. Hal ini dibuktikan bahwa, anak-anak jalanan yang sudah dapat membaca dan menulis menggunakan keterampilan tersebut untuk mereka gunakan di kehidupan mereka serta proses pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi mereka memberikan kesan untuk semangat dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang menyenangkan yang menimbulkan semangat anak jalanan untuk terus belajar menjadikan Sekolah Bingkai Jalanan sangat berperan dalam pemberantasan buta aksara anak jalanan. Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat kepada banyak orang seperti orang tua, tutor, masyarakat, dan penelitian selanjutnya.Kata kunci: Buta Aksara, Anak Jalanan, Sekolah Bingkai Jalanan
ANALISIS TEKNIK MENYIMAK PUISI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI TRIHARJO Azizah, Arie Nur; Nugraheni, Aninditya Sri
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi terhadap siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek sebagian siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo dengan jumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak puisi pada siswa kelas2 SD Negeri Triharjo. Dapat dilihat dari ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, menyimak puisi dengan menggunakan media video animasi menunjukan bahwa ketertarikan siswa semakin meningkat dikarenakan hampir seluruh siswa belum pernah membaca atau melihat puisi yang disimak pada video animasi. Keaktifan siswa juga bertambah sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang aktif memberikan tanggapan pertanyaan setelah menyimak puisi yang disajikan dalam bentuk media video animasi.Kata kunci: Analisis,menyimak puisi,media video animasiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi terhadap siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek sebagian siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo dengan jumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak puisi pada siswa kelas2 SD Negeri Triharjo. Dapat dilihat dari ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, menyimak puisi dengan menggunakan media video animasi menunjukan bahwa ketertarikan siswa semakin meningkat dikarenakan hampir seluruh siswa belum pernah membaca atau melihat puisi yang disimak pada video animasi. Keaktifan siswa juga bertambah sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang aktif memberikan tanggapan pertanyaan setelah menyimak puisi yang disajikan dalam bentuk media video animasi.Kata kunci: Analisis,menyimak puisi,media video animasi
ANALISIS KONSUMSI AIR PUTIH TERHADAP KONSENTRASI Kusumawardani, Siska; Larasati, Ajeng
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk menganalisis konsumsi air putih terhadap konsentrasi siswa, mengetahui kebiasaan konsumsi air putih siswa dalam 24 jam, dan mengetahui gambaran konsentrasi siswa. Adapun sample yang digunakan adalah 10 subjek siswa kelas IV A SD Negeri Sudimara Barat 5.Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada tahap awal, subjek dimintamencatat recall 24 jam asupan konsumsi air putih tentang seberapa banyak asupan konsumsi air putih, selanjutnya peneliti mengelompokkan kedalam 2 kategori yaitu cukup dan kurang asupan air putih, setelah itu subjek dites dengan menggunakan grid tes konsentrasi. Dari data yang ada diambil kesimpulan bahwa dari 10 subjek sebanyak 2 subjek masuk dalam kategori konsentrasi baik yaitu subjek dengan konsumsi air putih cukup, 6 subjek masuk dalam kategori konsentrasi sedang yaitu 5 subjek dengan konsumsi air putih kurang dan 1 subjek dengan konsumsi air putih cukup, dan 2 subjek masuk dalam kategori konsentrasi buruk dengan konsumsi air putih kurang.Kata Kunci: Siswa, Konsentrasi, Air.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KOMIK DENGAN ROLE PLAYING GAMES Budinurani, Kharismatika; Jusra, Hella
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Sekolah Dasar yang diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantu media komik dengan role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhdari model problem based learning berbantu media komik dengan role playing games terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 61 siswa yang terdiri dari dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah diuji coba. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas menghasilkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media komik dengan role playing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Problem Based Learning, Media Komik, Role Playing
PENGARUH LOGIC-MATHEMATIC INTELLIGENCE DAN COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Setyawan, Dedy; Putra, Chandra Anugrah
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat signifikansi kemampuan kognitif terhadap hasil belajar matematika; (2) terdapat pengaruh kecerdasan logis-matematik terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian tentang perlakuan terhadap hasil belajar matematika, dapat diberikan kesimpulan sebagai berikut: Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik yang memiliki kecerdasan logic-matematik lebih tinggi dibandingkan dengan Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik dengan menggunakan cognitive load theory. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik di SD Muhammadiyah Palangka Raya dan sampelnya yaitu peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Palangka Raya. Sesuai dengan fenomena yang akan diteliti oleh peneliti maka dibutuhkan alat dan pengumpulan data yang relevan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes hasil belajar peserta didik. Capaian yang dinggin di dapat dalam penelitian ini yaitu penerapan yang digunakan peneliti dapat membantu meningakatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Logic-Mahematic Intelligence, Cognitive Load Theory, Matematika
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CONTROVERSIAL ISSUE Susanto, Ahmad; Qurrotaini, Lativa; Mulyandini, Noorliana
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSiswa kelas IV SDN Waru 01 masih rendah kemampuannya dalam berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak didik bisa diperoleh dari hasil pengamatan saat proses belajar mengajar. Banyak siswa yang belum mampu untuk mengemukakan pendapat saat ditanyakan pandangan mereka terhadap topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Tujuannya yaitu untuk membuat kemampuan dalam berpikir kritis siswa menjadi meningkat memakai model controversial issues. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa hingga mencapai target yang telah ditentukan yaitu 85% dengan melakukan beberapa kali tindakan di kelas menggunakan model controversial issues.Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis siswa, Controversial issues
PENGEMBANGAN MEDIA “SPIDERMAN” SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA IPA KELAS V SEKOLAH DASAR Prakoso, Kukuh Slamet; Wijayanti, Arfilia; Purnamasari, Veryliana
Jurnal Holistika Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKRiset ini dilatar belakangi oleh kurang tersediaanya media yang digunakan dalam pendidikan serta belum terdapatnya media pendukung pendidikan lebih-lebih pada mata pelajaran IPA modul sistem pencernaan pada manusia. riset ini bertujuan buat menggembangkan media yang menunjang pendidikan dan mengenali kevalidan serta kepraktisan media pembelajaran spiderman sistem pencernaan pada manusia IPA kelas V sekolah dasar. Prosedur riset yang digunakan ialah metode pengembangan ataupun Research and Development (R&D). Subjek riset ini merupakan siswa kelas V SDN Bendan Ngisor Semarang. Hasil riset menampilakan kalau rata-rata hasil angket validasi media 90%, angket validasi materi sebesar 79,16%, angket reaksi partisipan didik sebesar 96%.Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Spiderman, Sistem Pencernaan pada Manusia

Page 1 of 1 | Total Record : 9